Share Untuk Metode Iklan Brand

scooterenthusiast

New member
pemula
pengusaha
Izin Share yah,
ini dari pertanyaan di grup, karena ada yang minta share pengalaman iklan untuk Brand.
saya share bukan karena jago atau expert. tapi, pengen berbagi aja siapa tau bermanfaat

kalo untuk brand...
biasanya saya gak langsung make Objective WC, soalnya jatohnya biasanya lebih mahal.
apalagi, kalo jumlah produk sebuah Brand kan biasanya lebih dari 1 artikel.

# CONTOH :

Seandainya suatu Brand punya 100 Produk, anggap aja tiap Produk punya 5 artikel berbeda. kebayang kalo langsung make WC Mba ?
Kalo 100 produk di Split Test semua, anggap aja dengan budget split test 1 produk adalah 100.000 / hari, berarti kudu siapin budget 100.000 x 100 produk / hari,
berarti budget per hari harus siap 10.000.000 Mba ? Wow....bisa beli Vespa Sprint Tahun 70-an Restorasi :rolleyes:

trus ditengah jalan pasti ada aja revisi.
creative Ad ganti, Ad Copy ganti, Audience ganti, yang anggap waktu split test itu estimasinya 1-2 bulan alias 60 harian.
Berarti...butuh Budgetnya 10.000.000. x 60 = 600.000.000 Gila...bisa beli Vespa GS VS 1 Tahun 1960 :eek::eek:

TRUS...GIMANA DONG SOLUSINYA
BIAR RAMBUT GAK RONTOK & KETOMBEAN ?


Maaf salah Mba, maksudnya biar biaya iklan gak mahal ???
Kalo Saya...biasanya di breakdown dulu Mba :

- Brand Statement
pelajarin dulu, ini brand apa sih ?
siapa ?
trus maenya dimana ?
fashion, sneaker, tas, hijab ?

- Buyer Persona
kira-kira ini brand mau ditujukan ke siapah ? yang dituju biasanya hobynya apa ? komunitasnya banyak dimana ? gadgetnya pake apa ? browsingnya dimana ? sosial medianya pake apa usianya berapa ?

- Customer Journey
step, alur, atau flow audience yang udah kita target dari gak tau sama sekali brand ini, sampe jadi buyer alias membeli itu kaya gimana Mba prosesnya ?
sukur-sukur kalo malah jadi Loyal Customer, bukan sekedar Buyer...

apa mungkin...tiap audience itu akan membeli saat pertama kali mereka liat iklan kita ? yang padahal, ada riset yang bilang kalo 80% audience itu akan membeli saat melihat iklan tayang lebih dari 3x

* Biasanya, suatu brand itu kan harus kenalan dulu yah Mba ke Audience biar mereka gak kaget pas kita nanti nawarin produk

kita lagi ngopi nih mba di kedai, tiba-tiba ada SPG dateng nawarin minuman kemasan / rokok, Mba kaget gak ? kalo sayah sih kage. kan saya gak tau siapa mereka kalo nanti produknya beracun gimana ??? kemungkinan saya untuk beli produknya kecil banget...biasanya saya gak pernah beli malah. kecuali emang pas saya emang butuh produknya

Nah..disini Mba mau ngenalin brand ke Audience caranya gimana ? yang pasti pake kontent kan ?
yang konten iklan itu berupa : Foto, Video, dan ditambah dengan Ad Copy ?

Trus...Mba mau ngenalin Brand ini pake platform apa ?

* search engine, kaya google/youtube ?
* sosial media, kaya Facebook, IG, Tiktok, Pinterest ?


ini cuma bisa dijawab kalo buyer persona udah kelar
(btw, kelar ini bahasa serapan dari bahasa inggris yah gaes..tadinya sih Clear..tapi kalo susah nyebutinya sebut ajah Kelar. Mirip kan ? ;)?)
kalo udah bisa jawab, nanti pertanyaanya adalah cara kenalanya mau pake apa Mba ?
Paid Traffic atau Organic ? karena kita lagi sama-sama belajar Facebook Ads, berarti Platformnya dah jelas & Trafficnya juga dah jelas (Paid)

- SELECT OBJECTIVE CAMPAGIN

setelah Mba udah faham brandnya seperti apa, udah bikin buyer persona, udah punya customer journey,
udah punya kontentnya, baru deh informasiin ke Target

- REACH ->

biasanya saya make objective ini buat kenalan. soalnya menurut saya biayanya murah,
tapi bisa ngejangkau audience lebih banyak dan luas.

- PPE ->

koordinasi sama orang konten / content creator (kalo ada).
tanya, skema kontent sosial medianya dalam waktu 1 minggu isinya apa aja ? ada tentang tips & trik atau daily activity, yang menarik gak ?
kalo ada... Hajar pake PPE untuk ngenalin Brand, Komunikasi dengan Audience, plus dapet Engagment, kan murahhhh ?

Audience ini diambil dari Core Audience, disinilah pentingnya bikin Buyer Persona

- TRAFFIC

saya jalanin iklan Traffic, tujuanya untuk bawa audience ke website.
kalo website performanya bagus (speed ok, layout ok, tampilan ok, checkout mudah, pembayaran lengkap, pengiriman lengkap) & produknya OK,
biasanya udah ada aja yang ke Add to Cart, Innitiate Checkout, bahkan Purchase (ini bonus...tujuan aslinya kan cuma visit website)

- (CORE AUDIENCE)

semua Audience diatas (Reach, PPE, Traffic) dibuat berdasarkan buyer persona yang udah dibuat mateng, dimasukin kedalem interest saat seting iklan di level adset, jadilah Audience baru alias Core Audience. disinilah pentingnya bikin Buyer Persona

- (CUSTOM AUDIENCE)

setelah menjalankan beberapa campaign dari objective yang berbeda selama beberapa waktu termasuk waktu edit atau revisi iklan, sekarang udah punya Custom Audience (CA), yang isi nya adalah :

- CA Engagment IG (dari Reach/Ppe)
- CA Engagment FB Page (dari Reach/Ppe)
- CA (VC) (dari traffic)

kalo sampe sini CA (VC) masih jelek, cek dulu performa website udah bener apa blom ? foto produk udah bener apa blom ?

- WEBSITE CONVERTION (WC) ->

* VC - LAA

biasanya saya jalanin iklan WC kalo udah yakin sama core/custome audiencenya. dan pertama yang saya jalanin adalah iklan Website Convertion dengan optimasi ke (VC)

Audience diambil dari Custom Audience (VC) yang saya bikin jadi lookalike audience LAA - (VC)

atau..
kalo gak yakin, test aja coba jalanin iklan VC, tapi audiencenya ambil dari buyer persona atau core audience.
cuma, objectivenya pake WC dan optimasi ke VC

ukur...
antara objective traffic VS wc (vc) bagusan mana ? ambil yang bagusnya, matiin yang jelek. banyak orang yang bilang mending make traffic, tapi kasus saya lebih bagus pake wc (vc)


* ATC - LAA
gak kerasa orang yang udah melakukan ATC makin banyak,
saya jalanin iklan WC dengan optimasi ATC, adsetnya diambil dari CA (ATC) yang dibuat jadi LAA

Audience diambil dari Custom Audience (ATC) yang saya bikin jadi lookalike audience LAA - (ATC)

* PURCHASE - LAA
saya jalanin iklan WC untuk Purchase, saat udah punya jumlah orang yang purchase dirasa cukup. kalo udah cukup.

Audience diambil dari Custom Audience (purchase) yang saya bikin jadi lookalike audience LAA - (PRC)

- RETARGETING (EXCLUDE)

gak kerasa campaign udah lumayan banyak, dan kolem-kolem udah mulai keisi, walaupun masih banyak yang blom sampe ke Purchase. makanya saya retargeting kaya gini :

- ATC (RETARGET)
saya jalanin iklan WC dengan optimasi ke ATC, adsetnya saya ambil dari :
CA (VC) EXCLUDE CA (ATC)
maksudnya, saya mau orang2 yang kemaren2 blom ke ATC, bisa ke ATC

- PURCHASE (RETARGET)
saya jalanin iklan WC dengan optimasi ke PURCHASE, adsetnya saya ambil dari : CA (ATC) EXCLUDE CA (PRC)
maksudnya, saya mau orang2 yang kemaren2 udah ke ATC, tapi blom ke Purchase, suruh Purchase.

* Notes :

- kebanyakan pas bikin custom audience disetiap event apapun, bikinya 1, biasain bikin 3 (last 7 day, 14 day, 21 day). siapa tau nanti butuh

- kebanyakan pas bikin LAA gak si Exclude, akhirnya kebawa semua.

contoh :

pas saya bikin LAA ATC, saya Exclude pake CA (VC) yang saya punya, biar makin yakin aja FB nyari orang baru. bahkan, CA (Engaged juga saya masukin ke exclude)

1 LAGI YANG PENTING ???

saat performa iklan kita bagus, lancar, dan berjalan baik, kadang kita suka lupa, angkuh dan sombong
padahal... kontribusi kita untuk keberhasilan gak lebih dari 1%

karena...

- 45% nya bisa jadi dari guru-guru kita yang ngajarin, tapi ikhlas. akhirnya ilmunya berkah

- 54% nya bisa jadi dari orang terdekat seperti orang tua, istri, anak, sahabat, teman, yang mendoakan kita secara diam-diam

Dan kita bukan siapah-siapah

sebelumnya..
izin sama para suhu, admin, maaf kalo lancang
cuma mau bantu jawab & share karena ada yang tanya, semoga bermanfaat. saya masih banyak salah nya
 
Top